Jumat, Desember 16, 2011

"Belajar dari Seratus Puisi dari Seratus Penyair"

Oleh Sunardian Wirodono

Selama ini, buku mengenai puisi Indonesia, lebih merupakan buku yang penuh teori dan kajian akademik mengenai sastra. Ia lebih banyak dinikmati oleh kritikus sastra dan penulis puisi itu sendiri. Terlalu eksklusif.
Padahal, puisi tentu tidak ditulis melulu untuk penyair. Karena di dalamnya, ia sebagaimana karya kesenian lainnya, mampu memberi makna pada kehidupan keseharian kita.
Membacai dan menelusuri makna 100 penyair Indonesia (dari RA Kartini, dari Pujangga Baru, Angkatan '45, '66, hingga dekade terakhir dan generasi fesbuk masa kini), bukan sebuah buku teori tentang sastra, melainkan membumikan teks sastra dalam memaknai kehidupan sehari-hari.
Ukuran buku 11x18 cm, tebal 320 halaman, kertas hvs 70 gram. Ditulis oleh Sunardian Wirodono, harga Rp 50.000 sudah termasuk ongkos kirim untuk seluruh Indonesia. Buku ini dedikasikan untuk pendirian (pada tanggal 30 Desember 2011) sebuah lembaga nirlaba Pelita Jaya Anggada Foundation, yang bergerak di bidang pendampingan anak-anak down-syndrome. Buku ini akan beredar tanggal 26 Desember. Pemesanan dilayani mulai sekarang dengan cara menulis nama dan alamat di inbox akun ini.

"Belajar dari Seratus Puisi Seratus Penyair", membacai puisi-puisi: Abdul Hadi WM, Abidah El-Khaliqie, Acep Zamzam Noer, Adri Darmadji Woko, Afrizal Malna, Ahmad Fatoni, Ahmadun Y. Herfanda, Ajip Rosidi, Alex R. Nainggolan, Amir Hamzah, A. Mustofa Bisri, Arifin C. Noer, Ari Pahala Hutabarat, Beni Setia, Chairil Anwar, Cok Sawitri, Cunong Nunuk Suraja, Darmanto Jatman, Dhenok Kristianti, Diah Hadaning, Dimas Arika Mihardja, Dina Oktaviani, Dorothea Rosa Herliany, D. Zawawi Imron, Eka Budianta.
Eko Tunas, Emha Ainun Nadjib, Esha Tegar Putra, Evi Idawati, Fitrah Anugerah, F. Rahardi, Goenawan Mohammad, Gunawan Maryanto, Gunoto Saparie, Hamid Jabbar, Hartoyo Andangjaya, Hasan Aspahani, Hendro Siswanggono, Hendry Ch Bangun, Heru Emka, Ilham Q Moehiddin, Inggit Putria Marga, I Nyoman Wiratha, Isbedy Stiawan Zs, Jamal D. Rahman, JE Tatengkeng, Joko Pinurbo, Kirdjomuljo, Kurnia Effendi, Kurniawan Junaedhie.
Landung Simatupang, Leon Agusta, Linus Suryadi AG, Lupita Lukman, Mardi Luhung, Marhalim Zaini, Medy Loekito, M. Fajroel Rachman, Mustofa W. Hasyim, Nana Ernawati, Nanang Anna Noor, Nanang Riskhi Susanti, Nenden Lilis A, Nia Samsihono, Ni Made Purnamasari, Nirwan Dewanto, Noorca M. Massardi, Oka Rusmini, Ook Nugroho, Radhar Panca Dahana, RA Kartini, Ramadhan KH, Raudal Tanjung Banua, Remy Sylado, Rendra.
Rini Intama, Roni Zarman, Sapardi Djoko Damono, Shinta Miranda, Sihar Ramses Simatupang, Sindu Putra, Sitok Srengenge, Sitor Situmorang, Slamet Riyadi Sabrawi, Sobron Aidit, Soe Hok Gie, Soni Farid Maulana, Subagio Sastrowardojo, Susy Ayu, Sutardji Calzoum Bachrie, Taufiq Ismail, Timur Sinar Suprabana, Toeti Heraty, Toto Sudarto Bachtiar, Ulfatin Ch., Umbu Landu Paranggi, Wahyu Wibowo, Wiji Thukul, Yudhistira ANM Massardi, Yvone de Fretes.

Buku ini tidak dijual di toko buku umum, agar didapat harga yang murah. Syarat Pembelian Buku "Belajar dari Seratus Puisi dari Seratus Penyair":
1. Tulis nama dan alamat lengkap yang bisa dijangkau oleh paket pos, ke email sunardianwirodono@yahoo.com, sertakan no. hp untuk konfirmasi.
2. Kirim uang pembelian via transfer bank ke nomor yang akan kami kirimkan ke email Anda atau sms ke no hp Anda.
3. Harga buku Rp 50.000 per-eks (termasuk ongkos kirim, untuk seluruh Indonesia, agar terjadi subsidi silang).
4. Sekedar tambahan, sebesar 10% dari harga buku ini, akan didonasikan kepada Pelita Jaya Anggada Foundation, sebuah lembaga nirlaba untuk anak-anak penyandang down syndrome di Indonesia.

Keterangan Tambahan:
1. Data buku, ukuran 11x18 cm., tebal 320 halaman, kertas hvs 70 gram, harga Rp 50.000 (termasuk ongkir).
2. Ditulis oleh: Sunardian Wirodono. Penerbit: Chitchat Publisher Yogyakarta, d.a Jl. KRT Pringgodiningrat 40, Pangukan, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511.
3. Untuk wilayah Yogyakarta (dan sebagian daerah kabupaten Sleman dan Bantul yang berdekatan dengan Kodya Yogyakarta, bisa dengan cara delivery order, pemesanan melalui sms/phone dengan menyebut nama dan lokasi sejelasnya. Culdit culrang (buku akan diantar dan pembayaran cash di tempat). Hubungi no hp: 0878.38125757, 0857.2624.0385, 0811278426
4. Masih tersedia buku kumpulan humor Sunardian Wirodono; "Dialog Dogol Susilo & Mbambang", dengan harga yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARENA JOKOWI BERSAMA PRABOWO

Presiden Republik Indonesia, adalah CeO dari sebuah ‘perusahaan’ atau ‘lembaga’ yang mengelola 270-an juta jiwa manusia. Salah urus dan sala...