In Red, Dadang Christanto, Performing Arts at Adelaide, Australia, October, 1, 2015 |
Sejak 1 Oktober 1965, Indonesia berubah. Bukan perubahan dari proses yang panjang dan linier,
jika dibanding dari 1908, 1928, dan 1945. Tapi 20 tahun setelah pernyataan
kemerdekaan, yang berpucuk pada Sukarno-Hatta, Indonesia menikung tajam dalam
kendali Soeharto. Bisa jadi, hingga hari ini.
Tradisi intelektualisme dalam masa kebangkitan, tekad
mengindonesiaraya dan kemudian proklamasi kemerdekaan, luluh lantak dalam
dialektika Demokrasi Terpimpin Sukarno yang sangat sentral. Lebih-lebih dalam
ketidaksabaran Sukarno, hingga menjadikan nasakom (nasionalisme, agama, komunisme)
sebagai basis ideologi pembangunanisme-nya.
Sementara itu, PKI (Partai Komunis Indonesia) yang pada
1955 menjadi pemenang ke-empat dalam pemilu pertama paska kemerdekaan,
mendapatkan cercah cahaya untuk menyusup ke kekuasaan lebih dalam lagi.
Hanya PKI (elite-nya), yang oleh Sukarno dianggap sebagai
progresif-revolusioner.
Secara politis-ideologis, bangsa Indonesia pada 1965 sebenarnya
sudah terpecah dua. Dengan bahasa yang keras-konfrontatif, PKI memecah-belah
kesatuan bangsa menjadi kubu revolusioner dan kontra-revolusioner. PKI mengancam
para lawan mereka sebagai ”tujuh setan desa” dan ”kafir”, yang perlu diganyang. Bahkan
DN Aidit, sebagai ketua umum PKI, mengompori Presiden Sukarno untuk mengganyang
mereka yang kontra-revolusioner dan antek-nekolim.
Dan ketika memuncak pada 30 September 1965, cita-cita
tentang Indonesia yang demokratis, yang menjunjung tinggi perikemanusiaan dan
perikeadilan, yang meniscayakan kebhinekatunggalikaan, terkubur bersama jutaan bangkai manusia sebangsa; sebagaimana ditulis John
Roosa dalam bukunya Pretext for Mass
Murder: The September 30th Movement and Suharto’s Coup d’État in Indonesia
(2006).
Berubah seketika.
Semuanya. Dalam isme yang dalam kajian-kajian pemikiran para founding fathers kita, sama sekali sebagai musuh bersama. Isme itu bernama
‘soehartoisme’, sesuatu yang sama sekali tak dikenal sebelumnya. Dan karena itu,
maka Indonesia Merdeka menjadi mimpi abadi dari sejak generasi Tirto Adisurjo dan Wahidin Soedirohusodo,
generasi HOS Tjokroaminoto, hingga generasi Sukarno dan generasi kini.
Setelah September 1965, Indonesia seperti dewa mabuk dalam
menggapai dan merumuskan identitas bangsa. Ada semacam missink link dalam
sejarah peradaban bangsa, justeru ketika bangsa ini terbelah begitu nyata.
Bagaimana bisa setajam itu, tanpa sejarah pendahulunya?
Bahkan kita sama sekali gagap memahami, manakala kita tahu bahwa peristiwa 30 September
1965, dan yang menyertainya, merupakan tragedi kemanusiaan terbesar kedua
setelah Holocaus Nazi Hitler, dalam rentang skala, waktu, dan jumlah korban yang diakibatkannya.
Tulisan berikut, mencoba merangkum sejarah kelam itu, dari berbagai tulisan secara acak,
dalam perspektif kepentingan Indonesia ke depan. Yang artinya tentu,
bukan bagi sekelompok yang masih ngotot-ngototan melakukan
simplifikasi dan mistifikasi, secara sekaligus tidak adil dan tidak konsisten.
"Apabila engkau menutup pintu terhadap segala kesalahan, maka engkau pun juga telah menutup pintu terhadap kebenaran.” | Rabindranath Tagore.
"Apabila engkau menutup pintu terhadap segala kesalahan, maka engkau pun juga telah menutup pintu terhadap kebenaran.” | Rabindranath Tagore.
1. Kita seperti ingin melupakan atau mengabaikan,
ketimbang merenungkannya, apa itu Septemer 1965 prolog dan epilognya. Bahkan
kita ingin membantahnya, ketimbang memahaminya. Limapuluh tahun setelah
peristiwa itu, bukannya kita makin paham melainkan makin runyam. Tanpa mengingat bahwa semua itu akan menjadi beban sejarah bangsa Indonesia ke depan.
Kita justeru berjalan mundur, dan bahkan kembali memunculkan
ajakan usang, untuk kembali angkat senjata dan bertakbir; Ganyang PKI! Ganyang KGB!
KGB? Ya, Komunis Gaya Baru, dan sederetan istilah aneh yang tak mudah dimengerti.
Mari sedikit membaca sejarah: Pada awal dan masanya, Partai Komunis Indonesia (PKI) merupakan
organisasi komunis terbesar di luar blok China-Soviet. Partai ini
tidak memiliki kesan buruk dibanding paham komunisme yang dianut blok
China-Soviet. PKI juga partai besar tertua di Indonesia, selain gerakan komunis
pertama yang didirikan di Asia, di luar wilayah yang dulu disebut Imperium Tsar
(Ruth T. Macvey, 1970).
PKI bermula dari organisasi Sosialis Marxis yang
didirikan beberapa bulan setelah pecah Perang Dunia I di Hindia Belanda. Ketika
terjadi pengambil-alihan kekuasaan Soviet, PKI terbebas dari unsur-unsur
non-Bolshewik, dan pada awal 1920 menamakan diri sebagai partai komunis.
Hubungan PKI tak sebatas kaum elite, meski mayoritas
anggotanya yang secara sosial, ekonomi, dan psikologis, berada di kelas menengah.
Antara masyarakat tradisional dan modern. Ia juga memperluas keanggotaan ke
berbagai kalangan: pedagang, agamawan ortodoks, kaum ningrat bawah, dan petani
kaya. Di luar Jawa atau bahkan tempat-tempat yang dikenal berada di luar
pendukung komunis. Perlahan PKI menjadi besar karena mampu merefleksikan
karakteristik pergerakan. Menjembatani jarak antara konsep tradisional dan
modern.
Kali pertama komunisme berkembang, merupakan masa pahit
bagi petinggi kolonial Belanda. Di satu sisi, mereka meyakini pendekatan yang
bersimpati terhadap gerakan-gerakan politik akan menyehatkan perkembangan koloni.
Di sisi lain, kebebasan politik itu akan menjadi kotak pandora: apabila dibuka,
akan terjadi revolusi. Pihak pertama, pendukung Politik Etis, kalah ketika
pecah Pemberontakan Komunis 1926-1927, meski pemberontakan komunis yang prematur
itu sendiri gagal.
Maka Prof. John Roosa mengajukan pertanyaan yang pahit;
Bagaimana mungkin peristiwa sebesar itu (yakni paska 30 September 1965) dalam
kategori tragedi kemanusiaan yang brutal, tak sebanding dengan pengetahuan kita
tentangnya?
Karena ada fakta yang digelapkan, bahkan dihilangkan.
Pembicaraan kita selama ini hanya pada hari-hari
menjelang 30 September 1965. Selebihnya, atau sesudahnya, seolah peristiwa yang
terpisah. Padahal apa yang terjadi kemudian, seperti pembunuhan massal tanpa proses
hukum dan pengadilan, bukan saja pada yang dituding sebagai para aktor di belakang
peristiwa itu. Yang terbesar, justeru konflik horisontal yang melibatkan rakyat jelata, yang berada di luar pusat intrik kekuasaan. Beberapa diburu, dibantai, bahkan sampai ke anak-turunnya yang
sama sekali tidak terlibat di dalamnya.
Siapa yang menggelapkan dan menghilangkan rangkaian peristiwa sesudahnya?
Siapa yang menggelapkan dan menghilangkan rangkaian peristiwa sesudahnya?
Bagi siapa saja yang berusaha menyelidiki apa yang
terjadi pada tahun 1965-1968, betapa pun sedikitnya akses, bisa dipastikan menemui
ratusan bahkan ribuan, cerita tentang keganasan dan kebrutalan, yang dilakukan
oleh orang Indonesia terhadap bangsanya sendiri. Bukan hanya sekedar 500 ribu
orang tewas, tapi ada juga estimasi di atas dua juta orang.
Kolonel Sarwo Edhie Wibowo, sebagai komandan lapangan pemberantasan PKI, dengan bangga mengatakan tiga juta orang. Belum
lagi ratusan ribu yang ditahan tanpa proses. Mengalami siksaan fisik dan
psikologi, pada kurun 1965-1968. Setidaknya 20 ribu anggota dan simpatisan PKI, ditahan
tanpa proses sampai 1979. Termasuk 15 ribu yang dibuang ke kamp konsentrasi di pulau
Buru.
2. Dalam kasus pembantaian 1965, pembunuhan dan teror
dijalankan sepenuhnya dengan sengaja. Bagaimana mungkin, dari 500 ribu orang
lebih yang tewas, hanya tujuh di antaranya yang dikategorikan anti-komunis,
yaitu para perwira yang mati dalam aksi keblinger yang dilakukan oleh kelompok
G30S? Apa yang sebetulnya terjadi? Sebuah konspirasi kebetulan,
atau hanya karena adanya (dan banyaknya) penumpang gelap?
Saking besarnya korban yang jatuh, Max Lane menyebut kata
tragedi tak cukup untuk 30 September 1965 itu. Ini lebih merupakan malapetaka. Tahun
1965 adalah bagian dari sebuah sejarah pertarungan
yang berlangsung sejak tahun 1920-an. Pertarungan itu terjadi pada soal
akan kemana Indonesia dibawa, setelah kemerdekaan terjadi pada 17 Agustur 1945?
Pertarungan itu semakin menajam pada tahun 1960-an. Dua
kubu tumbuh berkembang sama kuatnya. Kubu pertama, dipimpin secara
ideologis oleh, Sukarno yang menginginkan sosialisme ala Indonesia. Sementara
kubu lain, dipimpin oleh elemen militer yang menginginkan Indonesia berkiblat ke
kapitalisme. Ingat peristiwa Dewan Banteng atau Permesta.
Apa yang sebenarnya diperjuangkan oleh kubu sosialis
Sukarno? Apa yang sebenarnya diperjuangkan oleh kubu elemen militer? Apa
program-program mereka pada waktu itu? Masih menurut Max Lane, hal ini
merupakan sebuah studi kolektif yang perlu diadakan bersama, oleh seluruh
masyarakat Indonesia.
Sebelum 1965, kubu pro-Sukarno mencoba melakukan reformasi
agraria; juga pendidikan diusahakan gratis. Sementara keterlibatan rakyat kecil
di dalam kegiatan politik, sangat meningkat melalui gerakan-gerakan ormas-ormas besar
kiri. Tetapi semua harus dipelajari, mau dibawa kemana, mengingat PKI dan
kiri di Indonesia sebelum 1965 belum mempunyai kedudukan di pemerintahan yang
signifikan. Sedang situasi ekonomi Indonesia saat itu, sedang ambruk.
Apalagi semua itu berkembang di jaman Perang Dingin. Jaman
di mana Stalinisme, baik yang berkiblat ke Moskwa maupun yang ke Beijing,
sangat kuat. Populisme pasca-kemerdekaan, juga sangat kuat di berbagai
negeri. Kontradiksi-kontradiksi di dalam politik kubu pro-Sukarno dan
pro-PKI itu, menurut Max, juga bisa ditemukan dengan mudah. Antara lain,
misalnya, prinsip pemilihan perwakilan elektoral dikorbankan oleh Sukarno
dengan meniadakan pemilu antara tahun 1957 dan 1965. Perdebatan dan diskusi
internal di tubuh organisasi PKI, juga sangat tertutup.
Namun sentralnya posisi Bung Karno, pada kenyataannya
justeru sangat membahayakan. Kekuasaannya begitu absolute dan tak terbantahkan.
Dan tragisnya, Bung Karno telah menjadi korban perang dingin yang terjadi pada
waktu itu. Bung Karno menjadi lawan utama bagi kekuatan kapitalisme global, dan akhirnya
tersingkir secara tragis sebagai presiden Republik Indonesia.
Siapa pelakunya? Benarkah seperti ditudingkan Nursyahbani
Katjasungkana, bahwa semua itu dilakukan oleh agen mereka (kekuatan ekonomi global), yang dipimpin Jenderal
Soeharto? Yang secara piawai memberhentikan Sukarno lewat proses politik Sidang
Istimewa MPRS 1967? Benarkah pada hari sebelumnya, 11 Maret 1966, Bung Karno dipaksa untuk
menandatangani sebuah dokumen yang disebut Supersemar? Benarkah Supersemar menugaskan Soeharto,
untuk “mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu untuk menjamin keamanan,
ketenangan dan stabilitas pemerintah dan revolusi dan untuk menjamin keamanan
dan otoritas pribadi Sukarno sebagai Presiden”?
Pada kenyataannya, alih-alih mengamankan Bung Karno,
Soeharto justeru menyusun kekuatan untuk mengkonsolidasikan kekuasaannya. Jabatan
Bung Karno sebagai Presiden, secara dramatis dicopot sehari setelah
penandatanganan paksa itu. Bung Karno kemudian dikenakan status sebagai tahanan
rumah di istana Bogor, hingga akhirnya wafat karena gagal ginjal di RSPAD
Jakarta 21 Juni 1970.
3. Kita tak bisa menafikan urutan peristiwa di atas,
dalam satu helaan nafas. Memahami 30 September 1965, haruslah melihat jauh
kebelakang dan masa-masa setelahnya, secara kritis.
Dalam politik, tidak pernah ada peristiwa yang terjadi
dengan sendirinya, tanpa sebab-musabab. Mungkin tak perlu dari 1920 hingga kini. Tapi, cobalah cermati dan renungan,
peristiwa-peristiwa politik antara 1955 sampai dengan 1968.
Bersenjatakan Supersemar, Soeharto melakukan pembubaran dan pembantaian terhadap PKI, dan para pendukungnya (atau yang juga sering disebut; sisa-sisanya, alias tanpa sisa). Mereka yang dianggap berfaham komunis, baik kalangan
masyarakat luas, pejabat sipil-militer, dan kelompok-kelompok yang dianggap mengganggu kekuasaannya, dibersihkan. Dengan segala cara. Tanpa sisa.
Istilah Gerakan 30 September (G30S) berubah menjadi
G30S/PKI, karena PKI dianggap dibalik peristiwa itu.
Pemerintahan Orde Baru yang dipimpin Soeharto, sejak awal telah menegaskan keberpihakannya pada blok Barat. Indonesia dengan kekayaan alam melimpah, segera saja menjadi rayahan para agen kapitalis, seraya memperkuat Soeharto dengan berbagai alat kekuasaan, dan mendiamkan semua pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi. Korupsi merajalela, sementara utang negara kepada badan-badan keuangan dunia melangit, sehingga kehidupan rakyat sangat tertindas. Hanya segelintir orang atau kelompok yang dekat dengan kekuasaan, menikmati kue pembangunan. Benarkah masih enak jaman Soeharto, seperti slogan rendahan bak-bak truk itu?
Pemerintahan Orde Baru yang dipimpin Soeharto, sejak awal telah menegaskan keberpihakannya pada blok Barat. Indonesia dengan kekayaan alam melimpah, segera saja menjadi rayahan para agen kapitalis, seraya memperkuat Soeharto dengan berbagai alat kekuasaan, dan mendiamkan semua pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi. Korupsi merajalela, sementara utang negara kepada badan-badan keuangan dunia melangit, sehingga kehidupan rakyat sangat tertindas. Hanya segelintir orang atau kelompok yang dekat dengan kekuasaan, menikmati kue pembangunan. Benarkah masih enak jaman Soeharto, seperti slogan rendahan bak-bak truk itu?
Sementara itu karena PKI dianggap dalang G30S, dan
menyebabkan terbunuhnya 6 orang jenderal dan satu perwira AD, partai
ini bersama seluruh simpatisan dan pengikutnya, “dihapuskan” dari bumi
Nusantara. Padahal siapa yang melakukan itu semua? Apakah itu Dewan Djenderal? Dewan Revolusi? Pemuda Rakyat? Gerwani? Untung? Latief? Aidit? Sam? Semuanya gelap. Yang kita tahu kemudian, pemimpin dan para pengikut PKI dimusnahkan atau dipenjarakan. Dimasukkan
kamp tahanan tanpa pernah diadili, padahal mungkin hanya satu-dua, atau pemimpin
tertingginya, yang terlibat.
Seperti halnya para korban, Bung Karno, juga tak pernah
mendapat rehabilitasi. Padahal, menurut Nursyahbani, semua tanpa bukti yang
kuat. Bung Karno dituduh telah memberikan ‘toleransi’ kepada gerakan G30S.
Kabarnya, Bung Karno melakukan protes keras atas
pemusnahan ini, tapi tak digubris oleh Soeharto. Penolakan negara sampai
sekarang masih terjadi, dan karenanya, akuntabilitas serta sistim impunitas
masih saja berlangsung.
4. Malapetaka dan Pembantaian. Menurut Prof. Wertheim, Presiden
Sukarno agaknya sangat benar dalam analisa pendeknya. Ketika membela diri di muka
MPRS, dengan keterangan tertulis ‘Nawaksara’ 10 Januari 1967,
kesimpulannya: “1) keblingernya pimpinan PKI, 2) kelihaian subversi Nekolim,
dan 3) memang adanya oknum-oknum yang tidak benar”.
Siapa saja mereka? Tentu maksud Sukarno, ada dalang
sebenarnya dari luar negeri (kekuatan ekonomi asing). Bagaimana dengan Amerika Serikat dan CIA?
Sudah dari awal tahun 50-an, dalam berbagi kajian, AS campur tangan dengan
politik Indonesia.
Dimulai dengan Mutual Security Act dari tahun 1952, yang
dahulu ditandatangani oleh menteri luar negeri Subardjo dari kabinet-Sukiman,
yang lantas dibatalkan. Juga ada campurtangan AS, sewaktu pemberontakan Dewan
Banteng dan Permesta, kemudian pendirian PRRI pada 1957-1958.
Wertheim tanpa tedeng aling-aling menyebut; Pembunuhan
massal di Indonesia atas tanggung jawab Jenderal Soeharto. Bukanlah suatu
rahasia lagi. Namun si penanggungjawab ini, justru terus-menerus bangga
dengan perbuatannya. Soeharto tidak pernah memperlihatkan penyesalan, atas
pelanggaran hak azasi manusia yang luar biasa itu. Sebaliknya, selalu
memamerkan dengan bangga, sebagai langkah penyelamatan bangsa.
Dalam otobiografinya, Soeharto sama sekali tidak
menunjukkan tanda, bahwa ia menyesali terhadap jatuhnya korban rakyat jelata.
Justru sebaliknya, terhadap prajurit-prajurit pembunuh pun, ia tidak mencela
perbuatan mereka yang brutal.
Kolonel Jasir
Hadibroto menceritakan pengakuannya kepada Soeharto, bahwa ia telah membunuh
ketua PKI DN Aidit tanpa keputusan pengadilan. Dengan jalan demikian, Aidit tak
bisa membela diri di depan sidang pengadilan. Dengan itu pula, penguasa leluasa menyiarkan ‘pengakuan’ Aidit yang palsu. Jasir Hadibroto justru dihadiahi Soeharto dengan kedudukan sebagai gubernur Lampung.
Dalam hal ini, tentu saja Soeharto sendirilah yang
bertanggung jawab. Karena pembunuhan itu hanya terjadi sesudah Jasir Hadibroto
menerima perintah dari Soeharto, yang menurut Jasir mengatakan: “Bereskan itu
semua!” (untuk ini baca Kompas, Minggu 5 Oktober 1980).
Sejak semula, Soeharto telah berketetapan hati menghancur-leburkan PKI (The Washington Post, 21 Mei 1990). Dalih umum yang dikemukakan oleh Mahmilub, atau
pengadilan semacamnya, adalah bahwa semua anggota atau simpatisan PKI ‘terlibat
dalam peristiwa G30S-PKI'. Dalih demikian pulalah yang dipakai pemerintah,
untuk membenarkan pembuangan tanpa pemeriksaan pengadilan. Lebih dari 10.000
orang, yang dipandang sebagai simpatisan gerakan kiri, dipenjarakan di pulau Buru, yang pada
umumnya selama 10 tahun lebih. Mereka dianggap sebagai ‘terlibat secara
tidak langsung dalam Gestapu/PKI’.
Jika demikian, siapakah yang terlibat langsung? Menurut
Wertheim, yang betul-betul terlibat langsung adalah seorang yang paling memperoleh
untung dari kejadian itu; Jenderal Soeharto.
5. Dengan melihat mata-rantai peristiwa secara kritis,
kita tak ingin hanya melihat persoalan di atas dari sisi moralitas agama. Apalagi
dengan claiming kesucian pada satu sisi, untuk menutupi borok di sisi lain, hingga dimunculkan mitos 'Pancasila Sakti' pada 1 Oktober.
Selama ini masyarakat Indonesia lebih disuguhi drama-drama politik yang penuh
kesucian, dengan menghilangkan konteks peristiwa. Yang muncul kemudian teks-teks
abu-abu dan bahkan palsu. Hingga sampai pada dalil ‘darah yang halal untuk mereka’.
Simplifikasi bersanding dengan mistifikasi. Pola semacam
ini, biasanya dipakai oleh mereka yang korup. Dan hal itu laku subur dalam kultur
masyarakat bubur, yakni masyarakat yang cair dan mengambang. Stigmatisasi yang
dijalankan oleh slagorde Orde Soeharto itu, terasa begitu efektif, hingga
kini.
Ada pandangan yang meyakini; jika PKI berkuasa Indonesia akan
menjadi kacau. Bahkan ada yang mengatakan: Sapi, bebek, kambing milik kita pribadi, akan diambil dan diakui
sebagai milik bersama. Untung saja Gusti Allah adil, maka PKI dibrantas. Beberapa
menambahkan; Semua itu sudah ada dalam
ayat Alquran, kalau amal ma’ruf nahi munkar, pasti dihabisi. Bagaimana
bisa gambar palu dan arit saja bisa memunculkan interpretasi tertentu?
Bukan saja rakyat awam, tetapi juga kaum yang konon
terpelajar pun, teracuni comunisto-fobia ini. Apalagi jika komunisme
dibenturkan secara diametral dengan Islam. Dan kita melihat bagaimana resolusi
Gus Dur, sebagai presiden Republik Indonesia dan Presiden NU pun, tak bisa
mengamputasinya.
Maka wajar jika sampai hari ini pun, salah kaprah terus
terjadi. Sebuah acara diskusi yang membahas peristiwa 1965 di Jakarta (2015),
digrudug sejumlah pelajar Gerakan Pemuda Islam (GPI) dan Persatuan Pelajar
Islam (PII). Mereka menuntut agar acara dihentikan. Salah seorang orator
menuntut dibubarkannya PKI, “Bubarkan PKI!” Dan yel-yel itupun diikuti
demonstran lain.
Demikian pula FPI (Front Pembela Islam) telah menjalin
kerjasama dengan Kodam V/Jaya, untuk bersatu-padu menghancurkan KGB (Komunis
Gaya Baru). Pada tanggal 30 September 2015, di beberapa tempat di Jakarta,
diputar film “Pengkhianatan G30S/PKI” dengan dukungan Kopassus dan Pangdam Jaya
Jakarta. Bahkan di Cawang, sebelum pemutaran film, muncul Habieb Rizieq
berkutbah selama dua jam, untuk mengatakan bahayanya komunis gaya baru. Di
Blitar, muncul yang menamakan diri Banser Blitar, siap menyembelih KGB ini. Dan
seterusnya.
Darimana semua itu berasal? Begitu hebatnyakah
‘soehartoisme’ dibanding perkembangan intelektualitas dan keadaban bangsa
Indonesia ini? Sehingga kita macet, stagnan, dengan berbagai paradigma dan
stigma hantu-blau?
Apakah ini menggambarkan sukses rezim Orde Soeharto
menanamkan dan menyebarkan comunisto-fobia? Tentu saja ada pengaruhnya. Namun
belum tentu semua itu bersumber dari sana. Apalagi dalam permainan politik, ada yang bernama penumpang gelap, yang menunggangi satu situasi, karena kepentingannya sendiri.
Kekhawatiran umat Islam dan sikap anti yang cenderung eksesif terhadap komunisme, juga bisa menjadi kuda tunggang yang nikmat. Tidak hanya digerakkan oleh pengaruh luar semacam kampanye
stigmatisasi komunisme oleh rezim Soeharto, tapi bermainnya berbagai kepentingan.
Ada faktor lain yang secara genuine melekat dalam ingatan kolektif umat, tulis Ahmad Sahal dalam kolom di majalah Tempo (2012), yang justru lebih
berperan mengawetkan kekhawatiran dan antipati itu. Dua hal setidaknya bisa
disebut: kenangan traumatis terhadap situasi sosial dan politik era
Demokrasi Terpimpin, dan pandangan stereotipikal terhadap komunisme itu
sendiri.
Kita tahu, bahwa ketika PKI berkibar di era Demokrasi Terpimpin, kalangan Islam (juga Kristen, Katolik, dan nasionalis) gentar. Ini bukan saja karena PKI dibayangkan sebagai kekuatan politik yang solid dengan puluhan juta pendukung, melainkan juga karena politik saat itu memang mengarah pada pertarungan zero-sum game: kita atau mereka. Maklum, suasana revolusioner yang ditiup kencang membikin politik benar-benar mengamalkan apa yang oleh Sukarno disebut machtsvorming dan machtsaanwending, penggalangan dan penggunaan kekuasaan, suatu politik massa (Sahal, 2012).
Selain itu, kompetisi dan konfrontasi partai-partai tidak disalurkan lewat pemilu, karena hampir semuanya bergantung dan memusat pada Sukarno. Akibatnya, ketidakpastian tentang 'bagaimana nanti kalau tidak ada Sukarno', merayap ke seluruh negeri. Sementara itu di desa-desa, adanya landreform sepihak dari PKI memicu konflik tajam. Bukan dalam skema vertikal antara petani dan tuan tanah, melainkan horizontal antara petani santri yang NU dan petani abangan yang PKI. Dalam situasi semacam itulah, ketakutan umat Islam melihat kejayaan PKI saat itu, bisa dimaklumi.
Apalagi di kalangan Islam, masih menurut Sahal, PKI mengidap stereotip sebagai kelompok yang berpolitik tanpa moralitas, karena dasarnya adalah ateisme. Politik PKI dianggap identik dengan "tujuan menghalalkan cara": mereka bisa menyusup ke mana-mana, memanfaatkan kemiskinan buruh dan tani, untuk tujuan kekuasaan. Selagi belum berkuasa, mereka bisa saja menerima demokrasi. Tapi, begitu berkuasa, pasti akan totaliter (Sahal, 2012).
6. Kini sejarah telah berubah. Namun kegentaran dan stereotip tersebut, tetap. Sampai sekarang. Bagaimana gejala semacam ini bisa dijelaskan?
Argumen kalangan Islam, bahwa sikap mereka melawan PKI adalah demi membela diri, dalam suasana 'kita atau mereka' dan 'membunuh atau dibunuh', mungkin berlaku di zaman Demokrasi Terpimpin. Tapi, pasca-G30S? Pembelaan diri semacam itu terbukti kebablasan. Karena ternyata situasi semacam itu sebenarnya tidak ada lagi. Fakta bahwa PKI mudah sekali rontok, menunjukkan bahwa kesolidan dan kebesaran PKI yang menggentarkan itu, hanya mitos. Mereka hanya bergantung pada Sukarno dan, tidak seperti tentara, mereka tak bersenjata. Di samping itu, G30S itu sendiri masih diselimuti misteri. Kalaupun pelakunya memang PKI, apakah itu berarti semua anggota dan simpatisan partai itu boleh dihabisi (Sahal, 2012)?
Di sinilah letak kesalahan argumen "membela diri" dan "menghabisi sampai ke akar-akarnya", yang mendasari pembunuhan besar-besaran terhadap PKI. Kegentaran telah tergelincir menjadi kesewenang-wenangan. Keadilan ditutupi oleh kebencian. Apalagi kalau diingat bahwa saat itu Soeharto dan tentara ikut mendukung, dan mengambil keuntungan, dari pembunuhan tersebut.
Pelajarilah marxisme, maka akan ketahuan bahwa perhatian utamanya bukanlah justru terhadap agama, melainkan soal pembelaan terhadap yang tertindas dalam kapitalisme. Adapun perihal "tujuan menghalalkan cara," itu tak lain hanya Machiavelisme belaka, yang tidak khas tabiat komunis, tapi juga bisa dilakukan oleh siapa pun.
Kita tahu, bahwa ketika PKI berkibar di era Demokrasi Terpimpin, kalangan Islam (juga Kristen, Katolik, dan nasionalis) gentar. Ini bukan saja karena PKI dibayangkan sebagai kekuatan politik yang solid dengan puluhan juta pendukung, melainkan juga karena politik saat itu memang mengarah pada pertarungan zero-sum game: kita atau mereka. Maklum, suasana revolusioner yang ditiup kencang membikin politik benar-benar mengamalkan apa yang oleh Sukarno disebut machtsvorming dan machtsaanwending, penggalangan dan penggunaan kekuasaan, suatu politik massa (Sahal, 2012).
Selain itu, kompetisi dan konfrontasi partai-partai tidak disalurkan lewat pemilu, karena hampir semuanya bergantung dan memusat pada Sukarno. Akibatnya, ketidakpastian tentang 'bagaimana nanti kalau tidak ada Sukarno', merayap ke seluruh negeri. Sementara itu di desa-desa, adanya landreform sepihak dari PKI memicu konflik tajam. Bukan dalam skema vertikal antara petani dan tuan tanah, melainkan horizontal antara petani santri yang NU dan petani abangan yang PKI. Dalam situasi semacam itulah, ketakutan umat Islam melihat kejayaan PKI saat itu, bisa dimaklumi.
Apalagi di kalangan Islam, masih menurut Sahal, PKI mengidap stereotip sebagai kelompok yang berpolitik tanpa moralitas, karena dasarnya adalah ateisme. Politik PKI dianggap identik dengan "tujuan menghalalkan cara": mereka bisa menyusup ke mana-mana, memanfaatkan kemiskinan buruh dan tani, untuk tujuan kekuasaan. Selagi belum berkuasa, mereka bisa saja menerima demokrasi. Tapi, begitu berkuasa, pasti akan totaliter (Sahal, 2012).
6. Kini sejarah telah berubah. Namun kegentaran dan stereotip tersebut, tetap. Sampai sekarang. Bagaimana gejala semacam ini bisa dijelaskan?
Argumen kalangan Islam, bahwa sikap mereka melawan PKI adalah demi membela diri, dalam suasana 'kita atau mereka' dan 'membunuh atau dibunuh', mungkin berlaku di zaman Demokrasi Terpimpin. Tapi, pasca-G30S? Pembelaan diri semacam itu terbukti kebablasan. Karena ternyata situasi semacam itu sebenarnya tidak ada lagi. Fakta bahwa PKI mudah sekali rontok, menunjukkan bahwa kesolidan dan kebesaran PKI yang menggentarkan itu, hanya mitos. Mereka hanya bergantung pada Sukarno dan, tidak seperti tentara, mereka tak bersenjata. Di samping itu, G30S itu sendiri masih diselimuti misteri. Kalaupun pelakunya memang PKI, apakah itu berarti semua anggota dan simpatisan partai itu boleh dihabisi (Sahal, 2012)?
Di sinilah letak kesalahan argumen "membela diri" dan "menghabisi sampai ke akar-akarnya", yang mendasari pembunuhan besar-besaran terhadap PKI. Kegentaran telah tergelincir menjadi kesewenang-wenangan. Keadilan ditutupi oleh kebencian. Apalagi kalau diingat bahwa saat itu Soeharto dan tentara ikut mendukung, dan mengambil keuntungan, dari pembunuhan tersebut.
Pelajarilah marxisme, maka akan ketahuan bahwa perhatian utamanya bukanlah justru terhadap agama, melainkan soal pembelaan terhadap yang tertindas dalam kapitalisme. Adapun perihal "tujuan menghalalkan cara," itu tak lain hanya Machiavelisme belaka, yang tidak khas tabiat komunis, tapi juga bisa dilakukan oleh siapa pun.
Melestarikan stereotip bahwa komunisme ateis,
dan berpolitik dengan "tujuan menghalalkan cara", adalah
tindakan menyederhanakan. Dalam sejarah, kita mengenal Haji Misbach dari
Surakarta dan Datuk Batuah dari Padang, yang Islam sekaligus komunis.
Tentu saja ada kompor-kompor penyulutnya, hingga kini.
Kita tidak tahu apa alasan dan tujuannya. Bahkan Kivlan Zein yang mayor jenderal
TNI (purn) dan Emha Ainun Nadjib, yang mestinya sangat terdidik, memakai
dalil-dalil untuk mengatakan PKI haram! Agama, kemudian menjadi ukuran
untuk melihat masalah politik, yang sebenarnya amat sepele ini. Amat sepele?
Iya, amat sepele, kecuali akibatnya.
Rezim Soeharto menangkap lebih dari satu juta orang atas
nama ’penumpasan G30S.’ Jelas penangkapan semasif itu sebenarnya tidak perlu
sebagai reaksi terhadap aksi kecil. Pepatah yang dipakai Sukarno (seperti
dikutip John Rossa) benar: Tentara ’membakar rumah untuk membunuh tikus.’ G30S
merupakan dalih saja untuk kepentingan yang lebih besar.
7. Karena itu, yang menjadi persoalan dalam tulisan ini;
Mengapa masalah sepele ini setelahnya begitu dahsyat membawa korban? Di mana
logika kita bisa memahami ini semua? Mengapa jutaan orang hilang nyawa dengan cara dibantai atau dibunuh begitu saja, hingga generasi kini tidak punya catatan obyektif
mengenai hal itu?
Peristiwa 30 September 1965 adalah sejarah gelap bangsa
Indonesia. Menurut John Rossa, G30S adalah operasi rahasia. Badan-badan partai,
seperti Central Committee (CC) dan CDB-CDB (Comite Daerah Besar) di
tingkat propinsi, tidak pernah membicarakan G30S, apalagi ambil keputusan. Anggota
Politbiro tidak melihat G30S sebagai aksi partai. Aidit membentuk tim inti yang
terdiri dari beberapa anggota Politbiro. Misalnya Sudisman dan Oloan Hutapea,
dan hanya tim inti itu, tim ad hoc
di luar institusi formal di partai, yang bekerja dengan Sjam di Biro Khusus,
untuk merancang operasi G30S. Tapi belum tentu tim inti itu tahu persis apa
itu G30S. Dua kelompok (orang PKI dalam tim inti Aidit dan perwira militer) itu,
tidak pernah duduk bersama untuk menyusun G30S.
Apa yang menjadi tujuan utama di balik pembantaian massal
itu? Bagi John Rossa, ada dua hal: represi terhadap gerakan nasionalis kiri
(penangkapan dan penahanan massal), dan pembunuhan terhadap gerakan itu. Kalau
represi, tujuan utamanya menghancurkan kekuatan petani, yang sedang mendukung
proses landreform, dan
kekuatan buruh yang sedang mengambil alih banyak perusahaan milik modal asing.
Namun bukankah represi itu sebenarnya bisa dilakukan
tanpa pembunuhan? Bukankah waktu itu PKI tidak melawan? Kenapa kelompok Soeharto
di dalam Angkatan Darat memilih membunuhi orang yang sudah ditahan? Ada
beberapa kemungkinan. Tapi satu poin yang cukup penting: kelompok Soeharto mau
membuktikan kesetiaannya, kepada kampanye antikomunis Amerika Serikat. Agar
AS membantu tentara bertahan lama sebagai penguasa. Soeharto sadar, rezimnya akan bergantung kepada bantuan finansial dari AS, dengan alasan untuk memperbaiki
ekonomi Indonesia.
Apa yang terjadi di atas, sebenarnya tak bisa diparalelkan
dengan apa yang terjadi di bawah. Pembantaian massal yang terjadi di beberapa
wilayah, Jawa Timur dan Bali misalnya, tidak pernah mengindikasikan sebagai
konflik para elite partai-partai di tingkat lokal. Sama persis dengan apa yang
terjadi hari ini. Polarisasi politik di atas, dengan KMP-KIH, berbeda secara
diametral dengan daerah, di mana koalisi pragmatis lebih cair antarpartai-partai. Banyak peserta pilkada adalah koalisi sekehendak mereka, tanpa memperdulikan koalisi KMP-KIH, antara pro-Jokowi dan tidak-pro-Jokowi.
Karena itu, ketegangan antara PKI dan organisasi
anti-komunis sebelum G30S, misalnya antara PKI dan PNI di Bali, atau PKI dan NU
di Jawa Timur, tidak bisa menjelaskan pembunuhan massal. Orang sipil yang ikut
milisi, seperti Tameng di Bali dan Ansor di Jawa Timur, tidak mampu membunuh
sebegitu banyak orang sendirian. Paling-paling mereka bisa mengorganisir
tawuran-tawuran.
Dalam tawuran-tawuran kelas itu, orang PKI berani
melawan, dan tidak akan banyak orang yang gugur. Pembunuhan massal terjadi sesudah banyak orang
PKI rela masuk kamp-kamp penahanan. Tugas milisi, menjadi algojo saja
(Rossa, 2006).
Jika tidak ada backing
dari tentara, orang sipil di milisi-milisi itu tidak bisa berbuat banyak.
Sekejam apapun orang PKI sebelum G30S (dan kekejaman itu juga terlalu sering
dibesar-besarkan), tetap tidak bisa membenarkan tindakan extra-judicial killing yang dilakukan
milisi maupun tentara.
Seharusnya para pelaku pembunuhan itu malu, dan menyesal,
dengan apa yang mereka perbuat: membunuh orang yang telah tidak berdaya. Mereka
adalah pengecut yang kemudian berpose sebagai pahlawan perang. Tidak ada perang
waktu itu, kecuali dalam imajinasi orang yang tidak tahu apa itu perang yang
sebenarnya.
Dalam sebuah petikan wawancara Majalah Tempo dengan
seorang mahasiswa yang direkrut tentara untuk operasi pemberantasan PKI (Edisi
Khusus Tempo "Jejak CIA dalam Tragedi 1965,
Senin 5 Oktober 2015), dikatakan banyak yang direkrut dan dilatih oleh Korem
dan RPKAD di Jawa dan Bali. Jumlahnya diperkirakan puluhan ribu. “...
Saat latihan, karung-karung itu diisi oleh tubuh orang betulan. Lalu para
pemuda itu diperintahkan menyerbu dan menusuk karung tersebut dengan sangkur.
Serbuu... jleb. Sangkur ditarik, curr, darah semua. Siapa yang dibunuh, mereka
tidak tahu. Pokoknya mereka harus berani. Biasanya, kalau sudah merasakan
membunuh, mereka jadi berani.
Suatu hari kami membawa tahanan. Kami bawa ke LP
Wirogunan (Yogya), penuh; LP Klaten penuh; LP Solo penuh. Lalu kami
diperintahkan balik. Di tengah perjalanan, truk kami minta berhenti di tengah
sawah antara Delanggu dan Klaten. Kami menawari tahanan: siapa yang mau
kencing? Saat kencing, satu tahanan berusaha lari. Semua lalu kami tembak. Satu
truk 50-an orang tidak ada yang tersisa. Mati semua. Sopir truk bertanya
(mencari kernetnya): kernet saya di mana? Lha, dia ikutan mau lari, ya kami
bunuh juga,...”
8. Indonesia di Bawah Soehartoisme. Sejak 1 Oktober 1965,
Indonesia di bawah Soeharto atau sebutlah Soehartoisme, dalam konteks karena memakai dalil-dalil dan dalih-dalih Soeharto semata. Dalam salah satu
diskusi yang membahas persoalan kemiskinan di Indonesia, Max Lane menyebut
salah satu sebab pemiskinan di Indonesia adalah sejarah kelam 1965. Bahkan
dengan agak sembrono, disebutkan; 1965 sebagai awal dari open door policy jilid dua. Tahun 1965
menjadi pintu masuk modal-modal kapital asing kembali merajalela di sini.
Konteksnya memang beda, pada open door
policy di era penjajahan Belanda, tapi esensinya sama saja.
Siapa Soeharto ini? Dalil-dalil dan dalih-dalih Soeharto
(untuk menjelaskan makna Soehartoisme), lebih bertumpu pada simplifikasi dan
mistifikasi nilai-nilai falsafah Jawa yang dianutnya. Soeharto jarang terdengar
melontarkan gagasan yang berpijak pada konsep-konsep ilmu pengetahuan.
Namun secara eksplisit, Soeharto dalam “Pekan Tabungan
Nasional”, menafsir dan membagi babak sejarah Indonesia berdasar sudut
pandangnya sendiri. Dalam temu wicara Presiden Soeharto (pada Acara Perencanaan
Gemar Menabung Pelajar Indonesia dan Pekan Tabungan Nasional tahun 1995) mengatakan; “Kita masih dalam suasana memperingati 50 tahun kemerdekaan Republik
Indonesia,… 50 tahun itu bisa kita bagi menjadi dua periode. Periode 20 tahun
(1945 sampai 1965) dan 30 tahun (1965 sampai 1995). Selama 20 tahun itu bisa
kita bagi menjadi dua juga (1945 sampai 1950) kita berjuang menghadapi
penjajah, setelah pengakuan kedaulatan kita masih harus berjuang menyelesaikan
masalah-masalah kekacauan dalam negeri, pemberontakan yang terakhir tahun 1965
pemberontakan dari Partai Komunis Indonesia dan G30S. Alhamdulillah, dengan pertolongan daripada Tuhan, kita bisa
menyelesaikan.”
Soeharto memaknai sejarah secara militeristik,
mengabaikan faktor-faktor penentu lainnya di dalam perjuangan kemerdekaan
Indonesia, seperti dalam soal diplomasi. “Pada waktu itu, rakyat kita
terpanggil untuk berjuang menghadapi penjajah dan berjuang menghadapi pengacau
itu. Apa yang diperlukan? Senjata. Yang tidak ada senjata, bambu runcing,
pedang, dan lain sebagainya, untuk menghadapi Belanda ataupun menegakkan
daripada kemerdekaan ini. Setelah 1965, lahir Orde Baru, kita juga masih
berjuang. Tapi perjuangannya bukan menghadapi penjajah, menghadapi kekacauan,
tetapi perjuangan kita adalah memerangi kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan.”
Dari cara pandangnya terhadap sejarah Indonesia masa
revolusi, terlihat pula pada bagaimana pelajaran sejarah buat anak sekolah
ditulis. Dalam era tahun 1980-an, mata pelajaran PSPB atau Pelajaran Sejarah
Perjuangan Bangsa mengajarkan sejarah dengan pendekatan yang sangat
militeristik. Menonjolkan peran tentara dan mengabaikan peran perjuangan di
bidang politik.
Sementara itu kekacauan yang dimaksud oleh Soeharto, jelas
merujuk kepada peristiwa penculikan dan pembunuhan enam jenderal dan satu
perwira pertama AD. Dalam wawancaranya dengan TVRI di hari
pengangkatan jenazah para jenderal, 4 Oktober 1965, Soeharto telah menyimpulkan
lebih dulu; bahwa aktor dari peristiwa tersebut adalah PKI. Tapi dia tak
menyinggung bahwa setelah peristiwa G30S, terjadi pembunuhan massal di berbagai
daerah, yang menyebabkan tewasnya ribuan anggota dan simpatisan PKI dan yang dianggap atau dituding PKI.
Sejarawan Asvi Warman Adam menyebut tahun 1965 adalah
tahun pembatas jaman. “Bila sebelumnya tujuan Indonesia adalah negara sosial-demokrasi, maka sejak 1965 semua
berubah menjadi negara yang berorientasi pada modal asing.” (Asvi Warman Adam
dalam wawancara Kompas, 1
Oktober 2009). Bagi Soeharto, modal adalah “senjata” untuk membangun negeri
ini.
“Yang dibutuhkan bukan senjata, bukan bambu runcing,
bukan golok, bukan rencong. Apa yang dibutuhkan? Satu, adalah dibutuhkan
kepandaian,... ada satu lagi yang sangat penting, ada keterampilan, ada otak. Ada
kekayaan tanpa ada modal, tidak bisa. Kalau dulu dituntut membawa senjata,
kalau sekarang dituntut membawa modal.”
Menurut Soeharto dengan gotong-royong menabung, maka modal
akan terkumpul. Dia bicara begitu tentu saja sesuai tema acara: Pekan
Menabung Nasional. Dia menjamin, modal yang terkumpul tersebut tidak akan
digunakan untuk membayar utang yang mencapai US$100 miliar. “Jadi jangan takut
tabungannya digunakan untuk membayar utang, tapi digunakan betul-betul untuk
membangun,” kata Soeharto. Benarkah? Kasus program BRI Simpedes (Bank Rakyat
Indonesia - Simpanan Pedesaan) membuktikan lain. Tabungan masyarakat desa itu,
dipakai oleh Tommie Soeharto untuk tambah modal mendirikan pabrik mobil Timor.
Sejak awal berkuasa, Soeharto telah merangkul modal.
Tepatnya modal asing. Peraturan pertama yang disahkan oleh pemerintah Orde Baru
adalah Undang-Udang Penanaman Modal Asing No. 1/1967. Dalam buku “Menguak
Misteri Kekuasaan Soeharto’, Baskara T. Wardaya menulis; Selang beberapa bulan (Juli 1966) setelah memaksa
Presiden Sukarno menandatangani Supersemar, Soeharto langsung
mempersilakan IMF (Dana Moneter Internasional) masuk ke Indonesia.
Dilanjutkan pertemuan dengan negara-negara Barat di Tokyo, pada 19 September
1966, untuk menentukan arah ekonomi Indonesia.
Pertemuan macam ini sekaligus memperlancar jalan bagi
masuknya modal asing, seperti PT Freeport yang pada April 1967 mulai membuka
pertambangan di Papua. “Sikap ramah (Soeharto terhadap modal asing)
tersebut bukan melulu dimaksudkan untuk mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat,” tulis
Baskara, "melainkan juga bagi kemakmuran keluarga dan kelompoknya".
9. Orientasi Ekonomi Politik. Menurut Wertheim, dalam
salah satu makalahnya (1990), penting sekali kesadaran dibangun kembali: Rezim
Soeharto pada hakikatnya juga merupakan suatu sistem diktatorial, dengan
berbedak demokrasi semu belaka.
Buku “1965 -
Indonesia dan Dunia” karya Baskara T. Wardaya dan Bernd Schafer,
menegaskan bahwa persitiwa 30 September 1965 bukan persaingan ideologi. Tapi
perebutan kekuasaan ekonomi dan politik. Tulisan Bradley Simpson dalam buku ini
menunjukkan bukti-bukti otentik, keterlibatan Amerika Serikat dan Inggris.
Pembantaian terhadap orang-orang komunis dan yang dituduh
komunis, didukung oleh operasi-operasi rahasia Amerika dan Inggris. Kedua negara
itu melihat pembasmian PKI sangat penting untuk mengembalikan Indonesia ke
dalam hubungan erat dengan dunia Barat. Bagi mereka, Sukarno harus disingkirkan,
karena kebijakan-kebijakannya semakin pro-Tiongkok.
Tulisan Jovan Cavoski menjelaskan pengaruh Tiongkok yang
semakin kuat terhadap PKI dan Sukarno, membuat cemas negara-negara Barat dan
Uni Soviet. Peristiwa 1965 mirip teror negara terhadap rakyatnya
sendiri. Dan di atas teror itu, kekuasaan Orde Soeharto Baru dibangun dan
berkembang lebih dari 30 tahun. Teror itu menjadi trauma kolektif. Bukan hanya
korban dan keluarga korban, tetapi seluruh bangsa, bahkan
hingga kini.
Bagi Indonesianis asal Australia, Max Lane, sejak semula bergairah
untuk belajar sejarah Indonesia. Bila dibanding dengan sejarah Australia, tak ada apa-apanya. Indonesia mengalami
revolusi, rakyat Indonesia menjalankan sebuah revolusi; Negeri Republik
Indonesia, yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 dan berhasil mengusir
kekuatan politik kolonial tahun 1949, tercipta oleh sebuah revolusi nasional
yang prosesnya sudah berlangsung 30-40 tahun sebelumnya. Dan semua revolusi
dalam sejarah manusia adalah fenomena hebat.
Namun, menurut Max Lane, dan diamini para pengamat lain,
semuanya itu lenyap sejak 30 September 1965. Soeharto memakai 1 Oktober 1965
sebagai titik tolak untuk menjungkir-balikkan semuanya. Dalam definisi
Soeharto, hari Proklamasi dan juga definisi politik buat Sukarno dan Hatta
–terutama Sukarno– sebagai sekadar Proklamator. Dengan definisi tersebut,
ide-ide mereka yang merupakan motor penggerak ideologis revolusi nasional,
dinegasikan.
Terbukti pula bahwa selama Orde Baru Soeharto, tulisan-tulisan Sukarno
dilarang. Ide revolusi itu sendiri dilarang. Karena apa yang
dijalankan oleh kekuatan Soehartoisme dari tahun 1965 sampai 1970-an, adalah sebuah kontra-revolusi. Padahal, Indonesia didirikan dan diciptakan bukan sekadar berkat
proklamasi tetapi karena revolusi.
Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, adalah hari
memperingati kemenangan pertama kontra-revolusi Orde Baru Soeharto. Max Lane menuliskan dalam
pendapatnya, bahwa peristiwa Gestapu atau Gestok, adalah perbuatan ngawur, idiot, dan keblinger. Sebuah
konspirasi tengah malam yang tidak bisa dibenarkan. Tetapi tindakan-tindakan
Soeharto, sebagai panglima Kostrad pada waktu itu, tidak sekadar bertindak
merespons sebuah konspirasi malam yang illegal. Soeharto jelas dengan sadar,
meluncurkan sebuah konta-revolusi untuk membalikkan arus politik yang sedang
berkembang.
Proses melawan dan mengakhiri Orde Baru (1974-1998) juga
sebuah proses kreatif, hanya belum tuntas dan masih menghadapi pilihan.
Memang ada yang tragis dan mengenaskan dalam hal ini. Bagaimana bisa ada peristiwa sebesar dan sehebat 1965, tapi pengetahuan kita tentangnya sedemikian kecil? Mengapa kita menggelapkan sejarah dan membiarkan sebuah rezim berfungsi sebagai attack dog buat modal asing, dan jadi penuh dengan pejabat-pejabat bodoh dan brutal, orang dengan watak preman yang sama sekali tidak peduli dengan prinsip HAM, yang mengkhianati prinsip kemerdekaan, membunuh dan menyiksa orang Indonesia sendiri, dan kemudian menjual kekayaan tanah airnya kepada konglomerat multinasional dengan harga murah?
Memang ada yang tragis dan mengenaskan dalam hal ini. Bagaimana bisa ada peristiwa sebesar dan sehebat 1965, tapi pengetahuan kita tentangnya sedemikian kecil? Mengapa kita menggelapkan sejarah dan membiarkan sebuah rezim berfungsi sebagai attack dog buat modal asing, dan jadi penuh dengan pejabat-pejabat bodoh dan brutal, orang dengan watak preman yang sama sekali tidak peduli dengan prinsip HAM, yang mengkhianati prinsip kemerdekaan, membunuh dan menyiksa orang Indonesia sendiri, dan kemudian menjual kekayaan tanah airnya kepada konglomerat multinasional dengan harga murah?
Pertanyaan John Roosa itu mestinya adalah pertanyaan-pertanyaan kita. Dan bukannya hanya
mengumbar kebencian dan dendam berselimut perikemanusiaan dan agama, tetapi
menghina-dinakan korban? Memang agak mengherankan juga, mengapa gerakan
reformasi tidak mempersoalkan kejahatan-kejahatan yang terjadi waktu Orde Baru baru dimulai? Tidak bisa melihat rezim itu sebagai satu package dari 1965 sampai 1998? Dalam 32 tahun, bangsa Indonesia berada dalam
mis-education.
Karenanya, untuk mengerti rezim itu, kita harus kembali ke hari-hari lahirnya. Identitas bangsa Indonesia yang berubah total sesudah 1965, mestilah menjadi fokus perhatian kita, untuk merenungi malapetaka kemanusiaan ini. Bagaimana mungkin, semangat antikolonialisme hilang, dan anti-komunisme menjadi dasar identitas bangsa? Ini sungguh mengherankan.
Karenanya, untuk mengerti rezim itu, kita harus kembali ke hari-hari lahirnya. Identitas bangsa Indonesia yang berubah total sesudah 1965, mestilah menjadi fokus perhatian kita, untuk merenungi malapetaka kemanusiaan ini. Bagaimana mungkin, semangat antikolonialisme hilang, dan anti-komunisme menjadi dasar identitas bangsa? Ini sungguh mengherankan.
Ini berarti kebencian terhadap sesama orang Indonesia, akan
menjadi basis untuk menentukan siapa warganegara yang jahat dan baik. Apalagi
di jaman bagaimana kaum sektarian menjadi penumpang gelap, sama persis dengan Soeharto
yang mengapung dalam proses 1965 itu.
Pembodohan-pembodohan bahwa komunisme adalah biang
persoalan, tentu menjadi persoalan serius, apalagi sampai tidak tahu perbedaan
antara PKI, komunis, dan komunisme. Mereka menyamaratakan tiga kata itu tanpa
mengerti maknanya masing-masing secara definitive.
Bahwa memang PKI, sebagai partai politik yang sah saat
itu (dan pemenang ke-4 Pemilu 1955) menjadi sedemikian konfrontatif, sehingga
tidak mungkin ditampung lagi dalam mekanisme pemecahan ketegangan yang tersedia
dalam budaya Indonesia tradisional, adalah tragedi kemanusiaan yang kedua. Namun hal itu bukan berarti pembunuhan massal boleh berlaku dan berlalu begitu saja.
Kekhawatiran
bahwa komunis akan kembali berkuasa, masih terasa hingga kini. Hingga Kivlan
Zein dan Habieb Riziq berada dalam satu barisan dengan Emha Ainun Nadjib, berkampanye (bahkan mengancam Presiden Jokowi) jika
meminta maaf pada PKI. Api dalam sekam itu, bukannya dicarikan jalan keluar
dari sebab-sebab sebenarnya, melainkan dinyalakan kembali sebagai kebencian dan dendam.
Padahal, jika sekiranya kita berani mengakui kengerian
pelanggaran hak-hak asasi mereka, yang dicap 'terlibat' sesudah G30S, pengakuan
itu tidak berarti bahwa PKI harus direhabilitasi. Sebagaimana sebaliknya, bahwa
PKI merupakan musuh yang dibenci dan ditakuti, tidak berarti membenarkan bahwa
jutaan anggota masyarakat (yang tertarik pada PKI/komunisme) dibunuh dan dihancurkan secara sistematik tetapi brutal.
Karena pada kenyataannya, apa yang terjadi saat itu sama sekali tak terkendalikan. Tiadanya proses peradilan atau hukum yang melindung, menunjukkan betapa brutalnya mereka saat itu yang mempunyai brevet kekuasaan.
Karena pada kenyataannya, apa yang terjadi saat itu sama sekali tak terkendalikan. Tiadanya proses peradilan atau hukum yang melindung, menunjukkan betapa brutalnya mereka saat itu yang mempunyai brevet kekuasaan.
10. Rekonsiliasi: Melontarkan ketakutan
bahwa PKI akan bangkit kembali, menjadi aneh. Apa maksud dan tujuannya? Ketakutan, atau justeru keculasan, karena menunggangi situasi dengan menciptakan isu itu? Di jalan-jalan, sesekali spanduk yang menghujat
atau memperingatkan bahaya laten komunis, memang sering tampak, apalagi setiap Septemer dan Oktober. Tapi yang
ingin melihat sejarah dengan lebih arif, juga tak kalah banyak. Semakin banyak
orang mengerti, meski lambat, akan membentuk perspektif dan persepsi baru
mengenai sejarah. Untuk bersikap adil memberi ruang pada masa depan generasi baru Indonesia.
Tanpa pengetahuan dan pengertian tentang semua sejarah
ini, persitiwa 1965 tetap akan merupakan sebuah “tragedi” yang akan ditangisi. Dan
itupun hanya oleh sebagian orang yang masih dibuat bingung oleh selubung
misteri peristiwa itu. Seharusnya, selain urusan menagih
pertanggungjawaban atas perbuatan kriminal pembunuhan massal, bangsa
Indonesia juga harus mampu mengambil pelajaran dari pengalaman itu, demi
kemajuan bangsa. Dan itu menjadi hal mustahil tanpa adanya suasana bebas untuk
mempelajari sekaligus memperdebatkan kembali, secara terbuka dan bersama-sama.
Sekarang yang penting adalah upaya-upaya untuk
meningkatkan kesadaran di Indonesia, tentang kejahatan-kejahatan yang terjadi
pada waktu lalu. Secara umum orang Indonesia tidak tahu apa-apa tentang
kejahatan itu. Juga harus ada pengakuan dari negara, bahwa memang ada tentara dan sipil yang melakukan kejahatan itu. Extra-judicial
killings, penghilangan paksa, penyiksaan, mati kelaparan dalam penjara,
semuanya tidak bisa dibenarkan dan tidak bisa ditolerir.
Namun, menurut John Roosa, orang kiri sekarang harus
mengoreksi diri juga. Selama ini partai-partai Marxis-Leninis tidak menghargai
prinsip-prinsip HAM. Mereka juga harus belajar bagaimana berpolitik dan
berperang melawan imperialisme dan kapitalisme, seraya tetap memegang Universal
Declaration of Human Rights dan Konvensi-konvensi Geneva.
Letjen (Purn) Agus Widjojo, anak dari pahlawan
revolusi Mayjen (Anumerta) Soetojo Siswomihardjo, di beberapa forum mengatakan;
perlunya mengambil jarak dengan peristiwa 1965, kendati sulit. “Tidak mudah
memang bagi pihak yang terlibat, untuk mengambil jarak dan melihat peristiwa
masa lalu dari perspektif saat ini, tanpa keterlibatannya.”
Diperlukan pengorbanan dari semua pihak terkait,
agar peristiwa yang sudah lebih dari empat dasawarsa itu bisa didudukkan sesuai porsinya. Kita ingin melihat persoalan itu lebih berimbang, dengan
menempatkan PKI dan Angkatan Darat pada pusaran utama. penyebab peristiwa yang
terjadi pada 50 tahun lalu itu.
PKI dan AD? Karena konflik utama yang berkembang,
adalah antara kedua-belah pihak itu secara diametral. Militer akan menjadi
kunci penting dalam proses rekonsiliasi, dan karena itu doktrin militer
mengenai komunisme yang ada dalam kurikulum pendidikannya, mesti dikritisi
ulang.
Dalam sebuah pernyataan mengenai novel “Lasmi” (2009,
novel berdasar kisah seorang Gerwani yang tewas sekeluarga akibat keganasan
paska G30S), Nusya Kuswantin selaku penulisnya menyatakan; "Negara
perlu minta maaf atas terjadinya tragedi kemanusiaan 1965. Bukan pada siapa,
melainkan pada apa, yakni jatuhnya korban kemanusiaan, masyarakat sipil, rakyat
Indonesia secara keseluruhan."
Menurutnya, peristiwa G30S tidak bisa dilihat dari satu sisi semata, karena tak ada teori tunggal yang bisa dipastikan atas hal itu (setidaknya sampai hari ini, 50 tahun setelahnya). Nusya Kuswantin meyakini pandangan yang lebih moderat, bahwa G30S terjadi karena para pemimpin negeri ini, pada waktu itu, melakukan kesalahan yang berbeda dalam waktu yang sama. Antara pemerintah (Sukarno), elite militer dan elite PKI. Sementara korban atas masyarakat sipil adalah nyata, terjadi secara massif, dan dalam skala besar. Permintaan maaf itu juga disertai perlunya melakukan reposisi pandangan mengenai komunisme (dan membedakannya pada satu sisi dengan PKI sebagai partai politik, waktu itu dan kini), utamanya di kalangan militer sebagai kunci utama. Kita tidak ingin tenggelam dalam masa-lalu tak berkesudahan, yang secara pasti berpengaruh pada perjalanan bangsa dan Negara ini ke depan, khususnya bagi generasi mendatang. Kita perlu memandang G30S secara lebih jernih, komprehensif, dan melepaskan sentimen-sentimen kelompok yang selalu menyertai dalam setiap perdebatan atas hal itu.
Menurutnya, peristiwa G30S tidak bisa dilihat dari satu sisi semata, karena tak ada teori tunggal yang bisa dipastikan atas hal itu (setidaknya sampai hari ini, 50 tahun setelahnya). Nusya Kuswantin meyakini pandangan yang lebih moderat, bahwa G30S terjadi karena para pemimpin negeri ini, pada waktu itu, melakukan kesalahan yang berbeda dalam waktu yang sama. Antara pemerintah (Sukarno), elite militer dan elite PKI. Sementara korban atas masyarakat sipil adalah nyata, terjadi secara massif, dan dalam skala besar. Permintaan maaf itu juga disertai perlunya melakukan reposisi pandangan mengenai komunisme (dan membedakannya pada satu sisi dengan PKI sebagai partai politik, waktu itu dan kini), utamanya di kalangan militer sebagai kunci utama. Kita tidak ingin tenggelam dalam masa-lalu tak berkesudahan, yang secara pasti berpengaruh pada perjalanan bangsa dan Negara ini ke depan, khususnya bagi generasi mendatang. Kita perlu memandang G30S secara lebih jernih, komprehensif, dan melepaskan sentimen-sentimen kelompok yang selalu menyertai dalam setiap perdebatan atas hal itu.
Adalah penting sebelum kita bisa berdamai, dan
menyembuhkan luka sejarah di hari-hari penuh gejolak ini, dengan berani mengambil jarak, secara sosiologis dan psikologis. Bahwa salah satu
hal terpenting yang perlu dilakukan, agar rekonsiliasi berjalan baik, adalah kemampuan melihat peristiwa lebih dalam dan tanpa pemitosan.
Kesiapan untuk memasuki proses rekonsiliasi, memerlukan
penghancuran mitos; seolah korban adalah monopoli satu pihak, dan penyebab tindak
kekerasan adalah pihak yang lain.
Padahal, tahu apakah kita, tentang hal yang sebenar-benarnya terjadi?
Padahal, tahu apakah kita, tentang hal yang sebenar-benarnya terjadi?
Sunardian Wirodono
Yogyakarta, 3 Oktober 2015
Dari berbagai sumber bacaan:
Ahmad Sahal.
2012. Islam,
Maaf dan PKI : Majalah Tempo, 2012 (?)
Arnold Brackman. 1970. The Communist Collapse in Indonesia
Bradley Simpson. 2014. Economists With Gun
Baskara T.
Wardaya. 2012. Menguak Misteri
Kekuasaan Soeharto’,
Baskara T.
Wardaya dan Bernd Schafer. 1965 -
Indonesia dan Dunia
Baskara, T, Wardaya. 2006. Bung Karno Menggugat ‘Marhaen, CIA, Pembantaian massal 65, Sehingga G
30 S’. Yogyakarta: Galang Press
Beise, Kerstin. 2004. Apakah
Soeharto Terlibat G 30 S. Yogyakarta: Ombak
Djarot, Eros, dkk. 2006. Siapa Sebenarnya Soeharto ‘fakta dan kesaksian para pelaku sejarah G
30 S / PKI’. Jakarta: Media kita
Ejang, Odih, Sukadi. 1997. Sejarah (Nasional dan Umum) kelas III: Kurikulum 1994. Bandung:
Ganeca Exact
John Rossa.
2006. Pretext for Mass Murder: The
September 30th Movement and Suharto’s Coup d’État in Indonesia
John Roosa. 2012. Identitas
bangsa Indonesia berubah total sesudah 1965 : Indoprogress
17 September 2012
Max Lane: Tragedi 1965?
: Max Lane
Max Lane: 17 Agustus atau 1 Oktober? : Max Lane
Nusya Kuswantin. 2009. Lasmi (novel berdasar kisah seorang tokoh Gerwani, di Malang.
Sutrisno, Slamet. 2006. Kontraversi Dan Rekonstruksi Sejarah. Media Pressindo
Syamdani. 2001. Kontraversi
Sejarah Di Indonesia. Jakarta: Gramedia Widia Sarana
Tan Malaka: Pandangan
Hidup (Weltanschuung) : Tan Malaka
Victor Miroslav Vic. Kudeta
1 Oktober 1965
Wertheim. Prof. Dr. WF. 2013. Sejarah Tahun 1965 (pengantar
bacaan untuk Robert Lemelsen, sutradara film ’40 years of sillence’)
Bagus sekali Pak tulisannya ... terima kasih nambah pengetahuan
BalasHapusUntuk refleksi, biar bisa membandingkan dan mencermati. Terimakasih kunjungannya.
Hapus