Kalau sebuah program televisi mendapat rating yang tinggi, maka dapat diasumsikan akan ada banyak pendapatan dari iklan yang akan masuk ke televisi tersebut. Namun sebaliknya bila rating sebuah program turun, televisi tersebut kehilangan pemasukan iklan.
Dengan demikian rating adalah TUHAN bagi para pekerja televisi. Mereka rela berjumpalitan kerja siang malam demi memperoleh angka rating tersebut. Di Indonesia ,SATU- SATUNYA jasa penyedia rating adalah AC nielsen, perusahaan dari Amerika ini praktis menjadi tumpuan utama atau MONOPOLI bagi semua stasiun televisi , biro iklan dan semua produsen pemasang iklan.
Selama 14 tahun terakhir ini AC Nielsen juga selalu berhasil menampik semua tudingan yang mempertanyakan keabsahan penelitiannya, maupun validitas data responden yang telah ditebarnya. Namun sebenarnya jaminan mutu internasional itu hanyalah lip servis semata.
Kenyataannya sungguh jauh dari tampilan make up luarnya.
Yang pertama AC Nielsen Indonesia tidak memiliki tenaga handal profesional yang direkrut dari luar negeri demi menjaga kerahasiaan sistem mereka, seperti yang selalu diklaimnya. AC Nielsen Indonesia yang sekarang banyak ditangani oleh para pekerja Indonesia , yang
sebagian besar dari mereka adalah fresh graduated ( sebagian besar adalah lulusan statistik dan matematika ). Sehingga kerahasiaan sistem mereka sebenarnya tidak benar- benar seperti benda suci yang selalu mereka jaga kerahasiaannya. Mereka banyak merekrut tenaga dari dalam negeri dengan anggapan bahwa tenaga dari Indonesia adalah jauh lebih murah dibanding mempekerjakan tenaga dari negara mereka yang sudah berpengalaman. Bahkan Hampir setengah dari tenaga lapangan AC Nielsen adalah para mahasiswa yang belum lulus dengan hitungan tenaga magang. Sehingga dengan tujuan efisiensi pada sumber daya manusia, mereka dapat lebih banyak mendapat keuntungan.
Yang Kedua dengan banyak merekrut tenaga kerja baru lulus kuliah dan mahasiswa magang, AC Nielsen banyak memberikan toleransi kesalahan data. Terutama data- data yang ada di lapangan. Sering sekali saya alami penyimpangan data terjadi hanya karena keteledoran SDM semata-mata.
Yang Ketiga Untuk pemilihan demografis responden rating televisi cenderung dilakukan dengan asal – asalan. Dan tidak diusahakan pemerataan pada sebaran datanya Misalnya , untuk mengetahui berapa kecendrungan pemirsa untuk tayangan televisi A, mesti diambil jumlah responden yang seimbang misalnya untuk kelas ekonomi atas 33,3%, kelas ekonomi menengah 33,3 %, untuk kelas ekonomi bawah 33,3%, sehingga total 100%. Sehingga angka rating yg didapat adalah lebih obyektif. Namun pada prakteknya , AC Nielsen Indonesia banyak mengambil data responden sebagian besar dari kelas ekonomi rendah.
Profil mereka sebagian besar adalah : ekonomi kelas rendah, berpendidikan rendah, tidak mempunyai pekerjaan, bekerja sebagai pembantu rumah tangga, pedagang kaki lima, karyawan toko, buruh pabrik, dan lain- lain. Hal ini menjelaskan mengapa sebagian besar tayangan televisi nasional yang memiliki rating tinggi justru yang memiliki cita rasa rendah dan apresiasi seni yang rendah. Seperti musik dangdut, tayangan gosip artis, tayangan mistik, film- film hantu, dan sinetron – sinetron picisan.
Tayangan–tayangan televisi yang justru bersifat mendidik dan mencerdaskan akan selalu mendapat nilai rating yang rendah dari AC Nielsen. Kebijakan ini diambil AC Nielsen karena ia tidak mau membayar uang imbalan untuk respondennya. Sehingga responden yang
diambil adalah kebanyakan dari kaum ekonomi bawah agar bisa dibayar murah.
Yang Keempat Untuk pemilihan responden secara geografis juga dilakukan dengan tidak merata. Sebaran data yang diambilnya tidak pernah dilakukan dengan distribusi yang sama rata secara nasional, melainkan sekitar lebih dari 60% datanya hanya terkumpul dari
Jakarta saja.
Yang Kelima sebagai imbalan ( honor ), responden rating hanya mendapat souvernir senilai Rp 30,000 s/d Rp 50,000,- saja per bulannya. Sehingga responden cenderung ogah- ogahan untuk menjaga integritasnya.
Yang Keenam Idealnya sebuah keluarga atau sebuah rumah yang menjadi responden televisi menjadi reponden selama 6 bulan saja atau maksimal selama 1 tahun. Setelah itu AC Nielsen harus mencari responden baru. Secara statistik hal itu perlu dilakukan demi menjaga obyektifitas data. Agar secara psikologis , mood responden tidak mempengaruhi data
selanjutnya. Namun pada kenyataannya, seorang responden kebanyakan bisa menjadi responden selama 7 TAHUN LEBIH. Untuk hal ini adalah murni dikarenakan kemalasan dari manajemen AC Nielsen untuk melakukan pemeriksaan ke lapangan.
Yang Ketujuh para responden rating AC Nielsen sama sekali tidak mempunyai integritas. Dengan demikian , beberapa oknum televisi beserta oknum AC Nielsen dapat memberikan "pesanan" kepada ratusan responden sekaligus agar "memanteng " program televisi tertentu,
agar hitungan rating program tersebut menjadi tinggi. Biasanya jumlah yang diajak adalah sekitar 100 s/d 700 orang dari total 3,500 responden. dengan 700 orang berarti program tersebut diharapkan sudah memegang rating 1/5 dari total rating. Biasanya tiap satu kali
"memanteng" ( demikian sebutannya ) tiap responden meminta bayaran Rp 100,000,-. Sehingga dengan 700 orang x Rp 100,000,-, oknum pihak televisi tersebut hanya mengeluarkan uang Rp 70,000,000 saja per satu kali "manteng". Dengan begitu angka rating dapat dimanipulasi dengan mengeluarkan biaya yang relatif murah sebenarnya bagi para stasiun televisi.
PENUTUP
Demikianlah sebersit informasi dari saya sekitar rating. Karena memang sebagai karyawan yang sudah bekerja 6 tahun disana (AC Nielsen), sudah banyak orang yang bertanya- tanya pada saya mengenai bagaimana cara rating itu bekerja, atau adakah penyimpangan didalamnya ? Dan juga karena termotivasi melihat begitu banyaknya para pekerja televisi yang sangat gigih dalam pekerjaan mereka, yang padahal selama ini para pekerja televisi tersebut tidak mengejar apapun melainkan hanya RATING PALSU !!!
Saya menjadi tidak tega melihat jahatnya skandal dan penipuan yang dilakukan orang- orang didalam AC Nielsen. Secara organisasi itu sendiri sebenarnya ia cukup baik sebagai barometer dunia pertelevisian kita agar semakin maju dan menghasilkan tayangan-tayangan yang berkualitas. Bagi ANDA yang sudah menerima pesan ini, tolonglah disebarkan terutama apabila anda mempunya teman, saudara, keluarga ataupun rekan kerja yang bekerja di televisi, biro iklan, dan media lainnya agar mereka tahu kebenaran dari apa yang mereka
usahakan selama ini!!!
Salam dari saya , Steven Sterk (nama samaran)
TANGGAPAN DARI AGB NIELSEN
Menanggapi artikel Saudara "Steven Sterk" dalam artikelnya yang berjudul "Rating Palsu AC Nielsen", rasanya banyak sekali hal yang perlu dijernihkan.
*Benarkah rating menjadi penentu hidup matinya suatu program atau stasiun TV? Apakah rating juga menjadi acuan bagi industri TV dan periklanan? Kenyataannya, rating cuma satu dari sekian banyak analisis yang dihasilkan dari Survei Kepemirsaan TV yang digunakan oleh industri dalam menjalankan bisnisnya. Dalam industri TV, penyelenggara survei kepemirsaan TVdi Indonesia adalah AGB Nielsen Media Research (bukan AC Nielsen), yang
berkantor pusat di (Italia) dan Buochs serta Lugano (Swiss), bukan di Amerika.
Survei kuantitatif ini berjalan secara berkesinambungan, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di lebih dari 30 negara lainnya. Sebagai potret dari kepemirsaan TV, data yang
dihasilkan dari survei ini menjadi mata uang (currency) yang berlaku secara global sebagai nilai tukar didalam industri. Hasil dari survei ini diperlukan oleh industri untuk mengetahui jumlah pemirsa, profil pemirsa, berapa biaya dalam beriklan untuk menjangkau sejumlah pemirsa tertentu, dan sebagainya. Dengan miliaran rupiah yang dihabiskan setiap tahunnya untuk program dan iklan TV, informasi atas kepemirsaan TV tentunya diperlukan untuk mengevaluasi dan memaksimalkan efektivitas investasi tersebut.*
*Semua standar pelaksanaan survei AGBNielsen ini disusun berdasarkan panduan "Global Guidelines for Television Audience Measurement" (GG TAM), yang dipublikasikan pada tahun 1999 dan berlaku secara internasional. Standar global atas pengoperasian TAM ini penting karena semakin banyak perusahaan media, pengiklan dan agensi periklanan yang mendunia dan membutuhkan informasi kepemirsaan TV yang berstandar internasional, dimana perhitungan angka 1 rating di Indonesia sama dengan 1 rating di Italia dan Afrika, misalnya. Seiring dengan konsolidasi yang terus berjalan dalam industri periklanan TV, dan semakin banyak perusahaan yang menciptakan jejak global, kebutuhan akan riset kepemirsaan multinasional yang homogen tentunya juga akan terus tumbuh. Dengan pelaksanaannya yang berlangsung di banyak negara, Survei Kepemirsaan TV ini diawasi dan diaudit oleh kantor pusat AGBNielsen untuk memastikan compliance terhadap standar internasional yang ditetapkan sehingga segala penyimpangan yang mungkin terjadi akan segera terdeteksi.*
*Meski hasil survei ini menjadi mata uang dalam industri, informasi yang dihasilkan dari survei ini bukanlah satu-satunya acuan bagi kelangsungan bisnis penyiaran dan periklanan. Tentunya setiap metode memiliki kelemahan dan kelebihan. Namun baik kualitatif dan kuantitatif merupakan metode yang bisa saling melengkapi untuk memperkaya penelitian.
**AGBNielsen sendiri memfokuskan riset kepemirsaan TV ini pada penelitian kuantitatif. Dan
penelitian kuantitatif ini tidak terkait dengan kualitas program. Tentu saja karena metodenya kuantitatif, hal-hal yang menyangkut alasan menonton untuk menggali kualitas program tidak bisa diungkap. Hasil riset ini semacam "pisau bedah" yang bisa dipilih oleh pengguna data, mau ditelan mentah2 atau mau digunakan secara bijaksana. Untuk memperkaya hasil survei AGBNielsen yang sifatnya kuantitatif, industri juga melakukan survei Kualitatif untuk mengetahui di antaranya apa yang diinginkan oleh pemirsa TV dari program TV, apa alasan pemirsa menonton program tertentu, bagaimana perilaku membeli konsumen, gaya hidup, dsb. Informasi yang tentunya tidak bisa diperoleh dari survei kuantitatif. Karena sekali lagi, Survei Kepemirsaan TV yang dilakukan oleh AGBNielsen hanya memotret kebiasaan menonton dari pemirsa di10 kota besar di Indonesia.*
*AGBNielsen:*
*Validitas data AGBNielsen bisa dibuktikan dari Tingkat Kepercayaan (Confidence Level) dan Margin of Error yang berlaku dalam dunia statistik untuk menggambarkan keterwakilan sampel terhadap populasi, dalam hal ini populasi TV. Tingkat kepercayaan yang ditolerir oleh AGBNielsen sebagai gambaran keterwakilan sampel terhadap populasi adalah sebesar 95%. Sementara Tingkat Kepercayaan sampel AGBNielsen di 10 kota besar di Indonesiaadalah sebesar 98.89%. Artinya kepercayaan bahwa sampel mewakili populasi TV hampir mencapai 100%.*
*AGBNielsen:*
*Untuk memperoleh tenaga handal profesional, tidak harus dari luar negeri.Tenaga lokal pun memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan tenaga asing. Semua tenaga yang direkrut oleh AGB Nielsen melalui proses seleksi yang sangat ketat. Khususnya mengenai keberadaan panel, bahkan statusnya pun dirahasiakan dari karyawan AGBNielsen yang tidak berkepentingan langsung dengan panel tersebut. Kerahasiaan panel ini sangat dijunjung tinggi untuk menghindari kemungkinan intervensi dari pihak-pihak lain, khususnya pelaku
industri, yang nantinya justru akan mempengaruhi survei itu sendiri. *
*Survei ini juga melalui beberapa tahapan kendali mutu (quality control/QC) untuk meminimalisir kemungkinan kesalahan yang bisa terjadi. QC dilakukan sebanyak 5 kali dalam tujuh tahapan survei, yang mencakup QC pada saat Establishment Survey (untuk menentukan populasi TV), QC pada saat Rekrutmen Panel, QC pada tahap pemasangan alat Peoplemeter dan penarikan data, dan QC pada tahap produksi data. Para petugas yang terlibat di bagian operasional, termasuk petugas lapangan (Technical Field Officer), d**iko**ntrol performa kerjanya melalui standar KPI (Key Performance Indicator), di mana para petugas dengan KPI
di bawah standar akan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja.*
*AGBNielsen:*
*Survei AGBNielsen mencakup 10 kota besar, yaitu
Jakarta,
Surabaya, Medan,
Semarang
Bandung, Makassar, Yogyakarta,
Palembang
Denpasar, dan Banjarmasin.
Tingkat penyebaran panel didasarkan pada survei awal atau Establishment Survey (ES)
di10 kota tersebut untuk menetapkan dan mengidentifikasi profil demografi penonton TV. Dari ES, akan didapatkan jumlah rumah tangga (berusia 5 tahun ke atas) yang memiliki TV yang berfungsi dengan baik atau disebut populasi TV. *
*Hal yang sama juga berlaku dalam hal penyebaran panel berdasarkan target pemirsa, misalnya Status Ekonomi Sosial, pendidikan, pekerjaan, dsb. Sama dengan penyebaran panel per area yang telah dijelaskan diatas, pembagian panel per SES
*Tayangan TV tidak mendapat nilai rating dari AGBNielsen. Sekali lagi, AGBNielsen hanya memotret kebiasaan alami menonton pemirsa di 10 kota besar. Analisa terhadap data ini memang harus disikapi secara cerdas, tidak semata-mata ditelan mentah-mentah, karena data-data yang dihasilkan dari survei ini akan memberikan gambaran yang berbeda-beda antara target pemirsa yang satu dengan yang lain. Program-program yang ditonton oleh anak-anak tentunya berbeda dengan program-program yang ditonton oleh orang dewasa, sehingga untuk program yang sama, ratingnya akan berbeda berdasarkan target pemirsa yang dianalisa. Besar kecilnya rating juga sangat relatif karena tergantung pada potensi pemirsa yang tersedia pada jam tayang program tertentu. Misalnya, rating 3,7
di sore hari mungkin sudah termasuk tinggi, tapi untuk malam hari, rating tertinggi bisa mencapai 9,0 atau bahkan lebih.*
Yang Kelima sebagai imbalan ( honor ), responden rating hanya mendapat souvernir
senilai Rp 30,000 s/d Rp 50,000,- saja per bulannya. Sehingga responden cenderung ogah- ogahan untuk menjaga integritasnya.
*AGBNielsen:
Apresiasi atas partisipasi rumahtangga sebagai responden AGBNielsen diberikan dalam Bentuk poin setiap bulannya. Panel dapat memilih hadiah –yang berupa perabot rumahtangga, seperti timbangan, setrika, tea set, dinner set, kompor, blender, dsb – dari katalog AGBNielsen berdasarkan poin yang dikumpulkan. Semakin lama waktu kerjasama, semakin besar poin yang bisa dikumpulkan. Nilai nominal hadiah yang diberikan tergantung pada jumlah poin tersebut. *
*Masing-masing panel diberikan edukasi untuk menekan tombol riset ketika menonton TV (tombol khusus diberikan untuk masing-masing anggota rumah tangga, misalnya tombol 1 untuk ayah, 2 untuk ibu, dsb). Ketidakdisiplinan mereka dalam menekan tombol akan terpantau oleh tim manajemen panel, baik dalam bentuk 'uncovered viewing' (jeda waktu antara TV menyala dengan penekanan tombol riset) maupun 'lazy viewing' (TV menyala terus tanpa ada yg menekan tombol riset). Kami memberikan batasan terhadap banyaknya kepemirsaan uncovered viewing dan lazy viewing, di mana ketika levelnya di suatu rumah tangga panel melebihi tingkat toleransi, data kepemirsaannya tidak akan diproduksi lebih lanjut. Untuk mencegah hal ini terjadi berlarut-larut, tim lapangan bertugas melakukan edukasi terhadap panel. Jika re-edukasi tidak berhasil mendisiplinkan panel, maka panel tersebut akan diganti oleh panel lain dengan kriteria yang sama.*
Yang Keenam Idealnya sebuah keluarga atau sebuah rumah yang menjadi responden televisi menjadi reponden selama 6 bulan saja atau maksimal selama 1 tahun. Setelah itu AC Nielsen harus mencari responden baru. Secara statistik hal itu perlu dilakukan demi menjaga obyektifitas data. Agar secara psikologis , mood responden tidak mempengaruhi data selanjutnya. Namun pada kenyataannya, seorang responden kebanyakan bisa menjadi responden selama 7 TAHUN LEBIH. Untuk hal ini adalah murni dikarenakan kemalasan dari manajemen AC Nielsen untuk melakukan pemeriksaan ke lapangan.
*AGBNielsen:
Lamanya sebuah rumahtangga menjadi panel adalah maksimal 2 tahun, namun penggantian panel tidak dilakukan secara serentak. Berhentinya suatu rumahtangga sebagai panel secara normal adalah 20-25% dari rumahtangga yang terpasang alat setiap tahunnya. Tidak ada penggantian yang dipaksakan dalam keadaan normal. *
*Penggantian panel diakibatkan beberapa alasan. Penggantian panel bisa terjadi secara alami karena penolakan panel rumahtangga untuk meneruskan kerjasama, panel tidak memperbolehkan semua TV-nya dipasangi alat, perubahan pada kondisi/keadaan anggota rumah tangga, pindah rumah/renovasi, dsb. Namun penggantian panel juga bisa terjadi secara paksa jika panel menolak mengikuti aturan, tidak kooperatif, tidak disiplin dalam menekan tombol handset, perangkat TV-nya rusak, dsb. Perubahan panel ini bisa terjadi sekitar 4% setiap bulan. *
*Selain itu, penggantian panel juga mungkin terjadi untuk menjaga komposisi panel balance yang disesuaikan dengan komposisi populasi TV hasil Establishment Survey terbaru.*
*AGBNielsen:*
*AGBNielsen adalah perusahaan independen yang beroperasi dilebih dari 30 negara, di mana survei ini merupakan bisnis kepercayaan. Melakukan pengukuran kepemirsaan TV berdasarkan pesanan pihak tertentu berisiko tinggi yang bisa berdampak pada kredibilitas AGBNielsen, termasuk di negara-negara lain. Hubungan tertutup dengan kelompok kepentingan ter tentu akan menimbulkan prasangka atas data yang dihasilkan, yang pada akhirnya akan mencegah penerimaannya sebagai mata uang. *
*Di lain sisi, survei ini juga menekankan azas confidentiality (kerahasiaan) atas para responden, di mana responden diminta untuk merahasiakan statusnya sebagai responden
dengan menandatangani perjanjian kerahasiaan. **Hal ini merupakan standar yang berlaku global untuk menghindari campur tangan industri terhadap responden, yang pada akhirnya berkemungkinan besar mempengaruhi kemurnian data kepemirsaan TV.*
Klarifikasi ini perlu kami sampaikan untuk meluruskan kesalahpahaman yang berlarut-larut mengenai analisa rating. Mudah-mudahan informasi ini bisa membuka mata berbagai pihak mengenai Survei Kepemirsaan TV yang dijalankan oleh AGBNielsen; dan tentunya menjadi lebih bijaksana dalam menanggapi informasi-informasi yang menyesatkan.
Mohon informasi ini juga disebarluaskan pada teman, saudara, keluarga ataupun rekan kerja yang terlibat atau tertarik dengan penggunaan hasil Survei Kepemirsaan TV di dalam industri pertelevisian dan periklanan agar tidak lagi terjadi salah paham terhadap survei ini. Kami yakin rekan-rekan milis cukup cerdas dan dewasa dalam menyikapi dan menyaring informasi yang beredar.
Salam,
*Andini Wijendaru*
*AGB Nielsen Media Research*
Itu benar yg di tulis dalam jurnal diatas, bahwasanya survei nielsen tidak akurat, karena tenaga dan honor surveinya tidak sebanding. Cenderung surveyor, asal mengisi kuesionernya sendiri.
BalasHapusItu benar yg di tulis dalam jurnal diatas, bahwasanya survei nielsen tidak akurat, karena tenaga dan honor surveinya tidak sebanding. Cenderung surveyor, asal mengisi kuesionernya sendiri.
BalasHapus