Jumat, Juni 15, 2012

Del Bosque, SBY, dan Piala Indonesia 2014

Oleh Sunardian Wirodono

Spanyol menang 4-0 atas Irlandia, dan bisa dipastikan Irlandia tersingkir dari Piala Eropa. Sementara ada pendapat Spanyol akan mempertahankan piala kemenangan itu, sebagaimana empat tahun sebelumnya. Demikian sepakbola.
Dalam pertandingan melawan Irlandia, kita melihat bagaimana pasukan Del Bosque bermain menawan, karena hampir tanpa perlawanan. Sebuah pertandingan yang tidak imbang. Keith Andrews, pelatih Irlandia, mengakui, timnya kalah kelas dari Spanyol. Dan ia tak menyalahkan siapa-siapa, kecuali dirinya, "Kami seperti mengejar bayangan,..."
Hingga lahir gol Torres pada menit keempat, menyamai rekor Raul Gonzales dalam Euro 2000, sebagai gol tercepat Spanyol dalam ajang piala itu. Gol bermula dari lepasnya bola dari penguasaan David Silva, akibat antisipasi Richard Dunne. Torres menjangkau bola, menggiringnya masuk kotak penalti, melewati Stephen Ward, dan Shay Given hanya bisa melenguh.
Dari 26 usaha penyerang Escapana, ada 20 peluang emas. Dan Pedro Proenca meniup peluit, 4-0 untuk Spanyol.
Kemenangan absolut ini membuka lebar jalan "La Furia Roja" ke perempat final, dan bahkan final yang bisa jadi berhadapan dengan (lagi-lagi) panser Jerman, mengulang real final empat tahun lalu? Dan Euro Cup akan tetap dipegang Spanyol, atau berganti raja baru? Kata teman saya yang tinggal di pesantren, wallahu'alam!
Spanyol memang mempesona. Kemenangannya semalam, terbesar sepanjang putaran final Euro. Ketika Euro 2008, (lagi-lagi) Spanyol menyikat Rusia dua kali dengan keunggulan tiga gol. Torres, Silva, Fabregas, menjadi trio musketeer yang mempesona. Gol kontribusi Silva bisa dinobatkan sebagai gol paling spektakuler menggempur kecekatan Given. Seolah di dalam Spanyol itu meruap aroma Chelsea, Manchester City, Barcelona, nama-nama club yang mencorong tahun ini.
Trio musketeer ini seolah menjadi legenda baru, karena kebersamaan ketiga pemain tersebut terjalin dalam waktu yang panjang. Mereka pula mengantar Spanyol menjadi juara Eropa 2008. Mereka juga yang mengawal tim Matador menjadi juara Piala Dunia 2010. Karena itulah, menurut Ruud Gullit, “Spanyol adalah tim yang harus dikalahkan,..." Kalau tidak? Ya, tentu saja dia yang juara!
Perjalanan Spanyol adalah perjalanan Vicente del Bosque Gonzales, lelaki kelahiran Salamanca, 23 Desember 1950 itu. Dan Del Bosque adalah suksesor. Ia telah menunjukkan kapasitasnya sebagai pelatih yang akrab dengan gelar juara. Ini dia buktikan ketika membesut Real Madrid dari 1999-2003. Ia dinilai sebagai pelatih paling sukses sepanjang sejarah klub raksasa Spanyol, karena berhasil mempersembahkan dua gelar Liga Champions (2000 dan 2002), dua trofi La Liga (2001 dan 2003), satu gelar Piala Super Spanyol (2001), satu gelar Piala Super Eropa (2002), dan satu gelar Piala Dunia Antar-klub (2002). Di samping itu, selama membesutnya, dia selalu membawa Madrid lolos ke semifinal Liga Champions.
Membangkucadangkan bomber-bomber seperti Fernando Torres, Alvaro Negredo, dan Fernando Llorente pada pertandingan awal dan genting melawan Itali, dan dikritik habis oleh Mourinho sebagai merusak spirit Spanyol, Bosque meyakini keputusannya, karena sudah dipikirkannya. Dan ia bertanggungjawab untuk itu, sebagaimana ia juga berani tak memanggil seorang pemain muda potensial yang cidera, "Kami punya sistem yang bisa berhasil. Orang-orang berpikir bahwa menurunkan striker sangatlah penting. Striker memang penting bagi kami, tapi memenangkan pertandingan lebih penting lagi. Kami punya 23 pemain yang semuanya bermain reguler di klub masing-masing. Kami punya beragam alternatif dan kami juga punya 65 persen penguasaan bola,..." kata Bosque.
Dengan kalem pelatih gaek ini berujar, seolah menyindir, "Tak ada yang bisa tenang di kompetisi besar semacam Euro, namun hasil ini telah membawa kami selangkah lebih maju."
Adakah ia akan mengulang kata-katanya ketika hendak memasuki Piala Dunia tahun lalu? "Kami harus membuktikannya di lapangan, bukan hanya terbuai dalam mimpi yang indah. Karena, di sana juga akan tampil raksasa-raksasa sepak bola dunia seperti Brasil, Jerman dan Italia, yang juga memiliki tekad dan keinginan yang sama dengan kami, yaitu menjadi juara," ungkapnya waktu itu, "Saya tak ingin mengecewakan semangat pemain saya!"
Dan Del Bosque memainkan sebuah simfoni yang indah. "Spanyol bermain bagaikan sebuah orkestra," kata Giovanni Trappatoni waktu Kroasia digulung Spanyol, "Mereka nyaris tidak menggunakan tenaga saat melawan kami, karena mereka melibatkan semua pemain."
Tiba-tiba, dan ini sungguh tak ada hubungannya, meski orang sering menghubung-hubungkan, melintas wajah Susilo Bambang Yudhoyono. Hah? Apa hubungannya? Tentu saya tak berharap SBY menjadi pelatih bola, bisa lebih amburadul PSSI nanti. Membuat partai saja dia otoriter, hingga harus menyingkirkan Anas dengan cara yang tidak elegant. Maksud saya, bukan hanya pada SBY saja sesungguhnya, tapi pada para politikus yang juga sangat gemar sepakbola, bahkan Anas Urbaningrum pun sekali-kalinya muncul di media, justeru dalam posisi mengulas sepakbola (Metro TV waktu itu, menjelang pertandingan Jerman-Belanda, harinya lupa). Kalau para politikus kita hendak masuk dalam Piala Politik 2014 kelak, saya ngimpi mereka akan ngomong seperti Del Bosque itu, "Kami harus membuktikannya di lapangan, bukan hanya terbuai dalam mimpi yang indah. Karena, di sana juga akan tampil raksasa-raksasa dunia politik seperti Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, Nasdem, PKS, PAN, PPP, PKB, Hanura, dan lain-lain, yang juga memiliki tekad dan keinginan yang sama dengan kami, yaitu menjadi juara 2014,..."
Tapi adakah Torres? Silva? Xavi? Fabregas? Dan lebih-lebih, adakah Del Bosque, dalam kepolitikan kita? Alangkah menyedihkan, jika para politikus itu tak bisa menciptakan gol sebagaimana Torres. Alih-alih gol, yang muncul malah gol-put!

2 komentar:

  1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIREN dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIREN di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIREN saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIREN karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI....Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI












    Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIREN dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIREN di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIREN saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIREN karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI....Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI

    BalasHapus
  2. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    BalasHapus